• Minggu, 29 Januari 2023

Bisa Tekan Inflasi, Dedie Ajak Warga Tanam Bawang dan Cabai

- Rabu, 28 September 2022 | 17:58 WIB
Foto : Ist Humas Pemkot Bogor
Foto : Ist Humas Pemkot Bogor

dnewsstar - Kelompok Wanita Tani (KWT) Berkah Mutiara Bogor Raya (MBR) kembali lakukan inovasi. Kali ini bekerjasama dalam bentuk penelitian bawang merah dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Demplot penelitian bawang merah oleh BRIN bersama KWT Berkah MBR tahun 2022 ini merupakan program riset dan inovasi untuk Indonesia Maju. Penelitian sebagai pembenah tanah berbasis mikroba unggulan penginduksi ketahanan dan toleransi sistemik tanaman bawang merah dan bawang putih yang terintegrasi Smart Agriculture System.

Pada Selasa (27/9/2022), hasil penelitian bawang merah itu dipanen oleh para anggota KWT, perwakilan BRIN, perwakilan Bank Indonesia Jabar dan Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim.

Usai panen, Dedie mengatakan atas bantuan BRIN dan BI Jabar, ada pengembangan semacam pupuk organik dari kasgot yang ternyata hasilnya bisa meningkatkan kualitas panen dari bawang merah.

"Ada perbedaan dimana yang sebelumnya memakai pupuk non-organik, kemudian sekarang menggunakan pupuk hasil penelitian BRIN hasilnya luar biasa berbeda. Dan mudah - mudahan meningkatkan produktivitas hasil panennya," kata Dedie.

Dampaknya, sambung Dedie, masyarakat sekitar tidak perlu lagi membeli bawang ke jauh tempat. Bawang yang dihasilkan di KWT Berkah MBR ini selain memiliki kualitas yang baik dan organik, juga memiliki harga yang bisa ditekan lebih murah.

"Sehingga tingkat inflasi di Kota Bogor juga bisa semakin menurun. Nah, harusnya ini bisa direplikasi di KWT yang lain. Produksi bawang merah, putih, cabai itu diperlukan. Tiga komoditas pertanian ini menjadi pemicu inflasi selain BBM," ungkapnya.

Masih kata Dedie, Kota Bogor merupakan kota konsumen bukan produsen. Akan tetapi, dalam konteks konsep urban farming atau pertanian perkotaan, Kota Bogor bisa memenuhi komoditas pangan agar tidak ada ketergantungan dari daerah lain.

Di tempat yang sama, Kepala Pusat Riset Mikrobiologi Terapan BRIN, Ahmad Fathoni mengatakan, pihaknya sudah melakukan sinergi dengan KWT Berkah MBR untuk mengimplementasikan apa yang sudah dihasilkan di dunia riset dan teknologi.

Halaman:

Editor: Asep kurniawan

Tags

Terkini

FISIPKOM Borong Juara Unida Ambassador

Sabtu, 14 Januari 2023 | 15:33 WIB

Wakil Wali Kota Bogor Keliling SSA Pakai Beam

Sabtu, 7 Januari 2023 | 12:50 WIB
X