• Rabu, 30 November 2022

Mahasiswa dapat Edukasi Pengolahan Air Perumda Tirta Pakuan

- Jumat, 30 September 2022 | 01:24 WIB

dnewsstar - Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Pakuan Kota Bogor memberikan edukasi tentang pengolahan air baku hingga air bersih kepada mahasiswa IPB University.

Kegiatan kunjungan yang diikuti pukuhan mahasiswa Teknik dan Manajemen Sekolah Vokasi IPB University digelar di Instansi Pengolahan Air (IPA) Dekeng, Genteng, Bogor Selatan.

Direktur Utama Perumda Tirta Pakuan Bogor, Rino Indira Gusniawan mengatakan, berkenaan kunjungan para mahasiswa, pihaknya ingin memperkenalkan bagaimana pengolahan air kepada satuan pendidikan mulai dari Taman Kanak-Kanak (TK) hingga perguruan tinggi.

"Kita ingin memperkenalkan proses pengolahan air sejak dini dari mulai dari TK, SD, SMP, SMA sampai universitas. Semoga ini bisa dimanfaatkan benar oleh institusi-institusi pendidikan," kata Rino kepada wartawan, Kamis (29/9/2022).

Dalam kegiatan itu, lanjut Rino, Perumda Tirta Pakuan memfasilitasi para mahasiswa dengan ruang yang nyaman dan juga memperkenalkan kondisi sekitar IPA Dekeng. Karena pihaknya juga ingin mendorong mereka untuk sama-sama menjaga sungai.

"Jadi nggak cuma tempat untuk menyampaikan pesan saja, tapi juga memberikan encourage kepada mereka bahwa masih lihat ada sampah dan air keruh sungai. Itu bagian dari pendidikan agar mereka mempunyai gambaran bahwa 90 persen air baku kita diambil dari sungai," paparnya.

Dengan adanya kegiatan ini, pihaknya dan para mahasiswa untuk bisa bareng-bareng menjaga sungai. Sehingga jangan sampai pada suatu hari masyarakat tidak mendapat air bersih karena Perumda Tirta Pakuan tidak bisa menyediakan air baku.

"Ini peran semua elemen dalam menjaga kebersihan sungai dan menjaga lingkungan sekitar. Kemarin juga ada penanaman pohon kita bilang hal yang sama bahwa perbaikan lingkungan terutama di sungai harus ada peran serta semua orang," ujarnya.

Rino berpandangan bahwa mahasiswa memiliki sikap idelais. Sikap idealis ini, kata Rino, ia coba bangun dari kecintaan mereka terhadap lingkungan sekitarnya.

Halaman:

Editor: Asep kurniawan

Tags

Terkini

Lapas Bogor Resmikan Instalasi Air Langsung Konsumsi

Senin, 28 November 2022 | 19:46 WIB

BK DPRD Kota Bogor Tampung Aspirasi KADIN dan Jaskon

Kamis, 24 November 2022 | 20:22 WIB

RSUD dan IDI Kota Bogor kembali Kirim Tenaga Medis

Rabu, 23 November 2022 | 14:59 WIB

RSUD Kota Bogor Tampung Korban Gempa Cianjur

Rabu, 23 November 2022 | 14:58 WIB

Produk UMKM Alumni IPB Menembus Pasar Eropa

Selasa, 22 November 2022 | 20:59 WIB

Porwanas Jatim 2022: Tim Catur DKI Menang Dua Babak

Selasa, 22 November 2022 | 13:55 WIB

DPC Internasional HA IPB Belanda Dilantik

Minggu, 20 November 2022 | 19:03 WIB
X