• Rabu, 30 November 2022

Yane Ardian Apresiasi Peluncuran Buku Dandang Betawi

- Sabtu, 1 Oktober 2022 | 16:33 WIB
Foto : Ist Humas Pemkot Bogor
Foto : Ist Humas Pemkot Bogor

dnewsstar - Ketua Tim Penggerak PKK Kota Bogor, Yane Ardian mendukung peluncuran Buku ‘Dandang Betawi’ sebagai salah satu upaya melestarikan dan merawat warisan budaya tak benda berupa resep tradisional dan resep kuliner langka khas Betawi.

"Tentunya buku ini yang dilaunching untuk oleh-oleh anak cucu kita," katanya usai menghadiri acara Peluncuran dan Selamatan Buku 'Dandang Betawi' di Half Patiunus, Jakarta Selatan, Jum'at (30/9/2022).

Ia juga mengucapkan apresiasi atas kolaborasi antara Ketua TP PKK Provinsi DKI Jakarta, Fery Farhati (istri Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan) dengan Rusmiati (istri Sekda DKI Jakarta periode 2014-2020, Almarhum Saefullah), bersama dengan Yayasan Nusa Gastronomy Indonesia yang diwakili Chef Ragil Imam Wibowo sehingga buku ‘Dandang Betawi’ bisa di launching dan bisa dicoba masyarakat luas.

Buku yang berisikan resep-resep kuliner khas Betawi ini disusun dengan sangat lengkap, mulai dari yang biasa ditemukan sehari-hari hingga resep yang sudah langka dan sulit ditemukan bahannya.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK DKI Jakarta, Fery Farhati berharap buku Dandang Betawi ini bisa menumbuhkan kembali semangat masyarakat Jakarta khususnya untuk menghadirkan masakan Betawi di meja makan keluarga.

Tak hanya itu, peluncuran buku ini diharapkan dapat melestarikan budaya Betawi dengan menjadikan buku ini sebagai cinderamata untuk masyarakat yang ingin kenal lebih jauh tentang kuliner Jakarta atau menjadi bahan berlatih para generasi muda yang ingin menjadi ahli kuliner.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan juga berharap keberadaan buku ini selain untuk meningkatkan khazanah literatur kuliner Betawi, juga bisa sebagai wadah perajut kebersamaan, serta menghasilkan kreasi kuliner dengan mempraktekan hasil karya buku ini.

"Mudah-mudahan nanti ada sebuah kegiatan lomba masak-masakan Betawi, dengan memanfaatkan buku Dandang Betawi. Hal ini agar generasi baru semakin mengenal masakan Betawi," harapnya.

Buku Resep Masakan Dandang Betawi ini terdiri dari dua kategori, yakni Resep Masakan Tradisional Betawi mulai dari Nasi dan Lauk Pauk (38 Resep) dan Resep Camilan Tradisional Betawi yang terdiri dari makanan dan minuman (30 Resep).

Halaman:

Editor: Asep kurniawan

Tags

Terkini

Lapas Bogor Resmikan Instalasi Air Langsung Konsumsi

Senin, 28 November 2022 | 19:46 WIB

BK DPRD Kota Bogor Tampung Aspirasi KADIN dan Jaskon

Kamis, 24 November 2022 | 20:22 WIB

RSUD dan IDI Kota Bogor kembali Kirim Tenaga Medis

Rabu, 23 November 2022 | 14:59 WIB

RSUD Kota Bogor Tampung Korban Gempa Cianjur

Rabu, 23 November 2022 | 14:58 WIB

Produk UMKM Alumni IPB Menembus Pasar Eropa

Selasa, 22 November 2022 | 20:59 WIB

Porwanas Jatim 2022: Tim Catur DKI Menang Dua Babak

Selasa, 22 November 2022 | 13:55 WIB

DPC Internasional HA IPB Belanda Dilantik

Minggu, 20 November 2022 | 19:03 WIB
X