IPB University Luncurkan 4 Hasil Penelitian Unggulan Batch 8, Ini Keunggulannya

- Rabu, 5 Oktober 2022 | 14:38 WIB

dnewsstar - Institut Pertanian Bogor (IPB) University meluncurkan empat inovasi di bidang pertanian dan peternakan. Empat inovasi ini Padi-IPB 10G Tanimar, Kentang-IPB CP1 dan CP3, Cabai Rawit-Bonita IPB, Pakan Ternak dan Hewan Kesayangan Berbasis Maggot BSF.

Peluncuran Hasil Penelitian Unggulan Batch 8 ini dilakukan oleh Rektor IPB University Prof Arif Satria. Acara ini digelar Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) di Gedung Rektorat Andi Hakim Nasution, Kampus IPB Dramaga Bogor, Selasa (4/10/2022).

Dalam sambutannya, Prof Arif mengatakan, manfaat yang diberikan oleh inovator adalah manfaat yang sustainable (berkelanjutan), memiliki durasi yang cukup panjang dan memberikan efek yang cukup besar. Menurutnya, derajat tertinggi seseorang ada pada orang yang berilmu.

“Itulah salah satu tugas perguruan tinggi. Yakni menciptakan orang-orang yang bisa menebar ilmu dan manfaatnya agar bisa dirasakan oleh semua pihak. Oleh karena itu, IPB University berusaha untuk terus memberikan apresiasi kepada para innovator,” ujarnya.

Harapannya, inovasi IPB University menjadi salah satu solusi untuk masalah pangan yang saat ini tengah mengancam 197 juta penduduk di dunia.

“Ancaman pangan ini serius sekali. Maka dari itu kita harus terus berinovasi menghasilkan produk-produk yang bisa memberikan peningkatan produksi sekaligus peningkatan ketersediaan pangan kita,” terang Rektor.

Pada kesempatan yang sama, Dr Idat Galih Permana, Dekan Fakultas Peternakan (Fapet) IPB University mewakili para Dekan Fakultas mengatakan, launching ini merupakan satu keberhasilan dari riset yang dikembangkan oleh para peneliti IPB University.

“Kami, perwakilan dari fakultas mengucapkan terima kasih dan selamat kepada seluruh peneliti yang begitu konsisten dalam pengembangan produk,” katanya.

Sementara itu, Kepala LPPM IPB University Dr Ernan Rustiadi mengatakan, IPB University sering dinobatkan sebagai perguruan tinggi yang paling produktif dalam berbagai indikator dalam hal penelitian. Hal ini terbukti pada klasterisasi terakhir pada tahun 2020 di mana IPB University berhasil menjadi rangking satu.

Halaman:

Editor: Asep kurniawan

Tags

Terkini

FISIPKOM Borong Juara Unida Ambassador

Sabtu, 14 Januari 2023 | 15:33 WIB
X