• Minggu, 29 Januari 2023

Lapas Bogor Resmikan Instalasi Air Langsung Konsumsi

- Senin, 28 November 2022 | 19:46 WIB

dnewsstar - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Bogor meresmikan instalasi air langsung konsumsi bagi warga binaan dan pegawai Lapas, pada Senin (28/11/2022).

Diketahui, pengadaan mesin dan instalasi air minum ini merupakan kerja sama Lapas Kelas II A Bogor dengan PT Beliver Karya Indonesia yang ditandai dengan penandatanganan pada 15 Juni 2022 di aula Graha Sahardjo Lapas Kelas II A Bogor.

Presiden Direktur PT. Beliver Karya Indonesia, Betania Eden Thenu mengatakan, bahwa mesin yang diinstal di Lapas Bogor merupakan mesin custom yang mana equipment atau peralatannya didatangkan langsung dari luar negeri, sedangkan perakitannya di Lapas Bogor. “Jadi, kami rakit di sini tapi equipment-nya itu kami datangkan dari luar karena memang di Indonesia belum ada,” terangnya.

Ia menjelaskan, ada dua sumber air yang digunakan, yakni dari air sumur dan air PDAM. Air sumur dengan treatment sebanyak 6 kali, sedangkan air PDAM sebanyak 5 kali. Air yang dihasilkan pun memiliki nilai pH 7 dan TSD 13 ppm. Artinya, sambung Betania, air tersebut bisa dikatakan air terapi, sehingga bagus untuk detox di tubuh.

“Air yang dialirkan ke kamar warga binaan memakai sumber air dari sumur. Meski air di sini tidak terlalu kotor tapi tetap perlu kami suling. Sedangkan untuk air yang diinstal di dispenser kita pakai air dari PDAM. Dispenser ini tanpa galon ya. Jadi, bisa untuk air normal, air panas dan air dingin,” paparnya.

Ia juga menjelaskan, teknologi yang digunakan memakai reverse osmosis. Tehnik pengolahannya, pertama air ditampung kemudian dialirkan ke reverse osmosis. Terus disaring kembali sebelum mengalir didistribusikan ke kamar hunian yakni di UV agar semua kuman mati atau terbunuh.

Mesin ini mempunyai kapasitas produksi air minum mencapai 7 liter per menit. Dengan kapasitas itu sangat bisa untuk memenuhi kebutuhan air minum di Lapas Bogor. “Jadi, air yang mengalir ke setiap kamar warga binaan melalui pipa adalah air yang benar-benar layak minum yang sudah tersuling beberapa kali,” kata Betania.

Mengingat penyediaan air minum ini menjadi pilot project, terang Betania, pihaknya akan melakukan pengontrolan secara berkala agar kualitas air minum tetap terjaga.

“Jadi akan kami berikan laporannya secara rutin dari hasil pengecekan. Dan perlu saya sampaikan, Kalapas Pak Yohanes Waskito adalah pencetus dimulainya konsumsi air layak minum untuk warga binaan. Ini adalah pilot project dan ini adalah Lapas pertama dari seluruh Indonesia yang menerapkan ini,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Kalapas Kelas IIA Bogor, Yohanes Waskito menyampaikan, pada 15 Juni 2022 Lapas Kelas IIA Bogor bersama PT Beliver Karya Indonesia, menandatangani kerjasama dalam bentuk hibah mesin dan instalasi penyedia air bersih layak minum bagi warga binaan Lapas Bogor.

Halaman:

Editor: Asep kurniawan

Tags

Terkini

FISIPKOM Borong Juara Unida Ambassador

Sabtu, 14 Januari 2023 | 15:33 WIB

Wakil Wali Kota Bogor Keliling SSA Pakai Beam

Sabtu, 7 Januari 2023 | 12:50 WIB
X