• Minggu, 29 Januari 2023

Land Of Wakaf Teras Lembang, Wisata Halal Berbasis Wakaf di Bandung

- Senin, 23 Januari 2023 | 11:42 WIB

dnewsstar - Lama berkiprah di dunia filantropi khususnya dalam pengelolaan dana wakaf. Sinergi Foundation tak henti melakukan inovasi pengembangan wakaf. Kini Sinergi Foundation menginisiasi sebuah kawasan wisata halal berbasis wakaf berlokasi di Lembang, Jawa Barat, tepatnya di Jalan Tangkuban Parahu Km. 17 persis di depan Hotel Puteri Gunung. Kawasan wisata tersebut dinamakan Land Of Wakaf Teras Lembang

Land Of Wakaf Teras Lembang didirikan di atas tanah wakaf yang merupakan wakaf dari keluarga Bapak Mashudi, Mantan Gubernur Jawa Barat di Era 1960-1970.

Tanah wakaf tersebut lantas menjadi kawasan dengan berbagai tawaran wisata di dalamnya yang dikembangkan oleh Sinergi Foundation selaku nadzhir (pihak pengelola wakaf).

Land Of Wakaf Teras Lembang menyajikan beberapa spot wisata halal bagi para pengunjung, di antaranya Arena Pacu Kuda dan Berpanah, Camping Ground, Kebun Strawberry, Kebun Anggrek, Kebun Pakcoy, Kedai Makanan Sunda (Opien Bandung), serta masjid dengan suasana sejuk berlatar pegunungan.

Selain menikmati wisata yang tersedia, para pengunjung Land Of Wakaf Teras Lembang dapat menikmati spot-spot tersebut, pengunjung juga disajikan dengan pemandangan sejuk Gunung Putri yang terpampang tepat di belakang Teras Lembang.

Sebagai bentuk pengembangan Kawasan Land Of Wakaf Teras Lembang, pada akhir tahun 2022 lalu Sinergi Foundation kembali mengembangkan program Wakaf Produktif dengan membuat Rumah Makan Berbasis Wakaf yang dinamakan Rumah Makan Jenderal yang menyajikan menu berupa sambal bakar, liwetan dan sate, juga tidak ketinggalan menyejikan menu yang banyak diminati saat ini yaitu suki dan grill.

Sinergi Foundation berusaha untuk mengembangkan potensi wakaf yang mana manfaatnya tersebut dapat kembali digulirkan untuk kepentingan banyak orang.

Sama halnya dengan pengembangan seluruh wisata halal yang ada di Land Of Wakaf Teras Lembang, dimana menerapkan pengelolaan dengan menahan pokok wakaf lalu kemudian menyedekahkan hasilnya untuk kepentingan orang banyak.

Keuntungan yang didapatkan dari hasil wisata halal pengelolaan Land Of Wakaf Teras Lembang dialirkan kembali untuk pengembangan program-program sosial di Sinergi Foundation. Program sosial tersebut berupa pendidikan gratis Kuttab Al Fatih Cileunyi, layanan kesehatan gratis bagi ibu dhuafa di Rumah Bersalin Cuma-Cuma dan program sosial lainnya.

”InsyaAllah keuntungan dari usaha pengembangan wisata halal di Kawasan Land Of Wakaf Teras Lembang ini akan disalurkan untuk berbagai program sosial Sinergi Foundation, seperti pendidikan gratis Kuttab Al Fatih Cileunyi, dan akses kesehatan gratis di Rumah Bersalin Cuma-Cuma. Jadi kalau berbelanja di sini, sekaligus pula bersedekah,” ujar Asep Irawan, CEO Sinergi Foundation.

Halaman:

Editor: Asep kurniawan

Tags

Terkini

FISIPKOM Borong Juara Unida Ambassador

Sabtu, 14 Januari 2023 | 15:33 WIB

Wakil Wali Kota Bogor Keliling SSA Pakai Beam

Sabtu, 7 Januari 2023 | 12:50 WIB
X